Wednesday 7 November 2018

Renungan Kader, Eksistensi Dalam Dinamika

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), merupakan suatu wadah organiasi Perkaderan bagi mahasiswa Islam sebagai tempat berproses untuk melakukan pengabdian ke-umatan. Organisasi besutan Prof. Lafran Pane yang didirikan pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan 5 Februari 1947 ini kini tengah menyebar luas di berbagai perguruan tinggi diberbagai daerah di Indonesia, melahirkan lebih dari 6.000.000 alumni, 600.000 kader aktif dan 211 lebih cabang se-antero bumi ibu pertiwi, tidak terkecuali di Labuhanbatu Raya.
Proses perkaderan yang dilakukan secara terus-menerus adalah alasan tepat mengapa organisasi yang sudah berusia lanjut ini masih tetap eksis di NKRI dalam menggapai asanya yang identik dengan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan. Dan yang tidak kalah penting dari eksistensi yang masih tetap bertahan tersebut adalah dinamikanya yang tinggi, walaupun tidak jarang dinamika itu harus menguras pikiran, tenaga, waktu, dan materi.
Namun demikian, disadari atau tidak, secara alamiah terkadang justru dinamika itulah yang menjadi proses pendewasaan bagi setiap kader-kader HMI dimanapun berada. Dan hal tersebut, telah terjadi di HMI Cabang Labuhanbatu Raya, sebuah dinamika panjang yang memakan waktu lebih dari 2 tahun lamanya.

24 September 2016, adalah awal hingga terjadinya dinamika panjang tersebut. Saat dimana dilaksanakannya Konferensi Cabang (Konfercab) ke VIII yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Labuhanbatu yang harus berujung kepada terpecah belahnya kader HMI Se-Kawasan Cabang Labuhanbatu Raya.
Terpecah bukan berarti pecah secara totalitas layaknya suatu konflik, melainkan pecah karena adanya perbedaan pandangan dan perbedaan muara gerakan. Disaat itulah kader HMI Cabang Labuhanbatu Raya ditengah-tengah publik seakan dianggap dualisme. Ya, Suatu kondisi pahit yang tidak jarang menyebabkan terjadinya gesekan di internal kader, memudarnya silaturahmi dan bahkan tidak jarang sampai hujat-menghujat.

Lantas apa sebabnya hal itu terjadi ? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempertahankan eksistensi, antara siapa yang legal dan siapa yang illegal, siapa yang benar dan siapa yang salah.
Hari-hari berganti hari, bulan berganti bulan, dinamika panjang itu ternyata bukan mengurangi eksistensi HMI, justru sebaliknya malah menaikkan eksistensi HMI itu sendiri. Bagaimana tidak, dua faksun yang berdinamika tersebut saling menunjukkan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat, seakan berjalan lebih cepat dan berbuat lebih banyak, atas nama HMI.

Namun apalah arti suatu eksistensi, kalau dalam prosesnya terjadi saling sikut-menyikut. Apalah arti suatu eksistensi, kalau dalam prosesnya harus saling menghujat. Apalah arti suatu eksistensi kalau dalam prosesnya membuat memudarnya silaturahmi. Apalah arti suatu eksistensi, kalau dahulunya yang saling tegur sapa kini harus membuang muka. Apalah arti suatu eksistensi kalau yang dahulunya sering bercanda tawa kini harus berjauhan. Apalah arti suatu eksistensi ,kalau yang dahulunya sering makan sepiring berdua bahkan lebih kini harus berjauhan.

Eksistensi itu takkan berguna sama sekali, kalau pada akhirnya harus berujung kepada perpecahan diantara sesama..!

Saudaraku, sehimpun secita.
Kalau kita mau bertanya kepada hati kecil dengan mengesampingkan ke-egoan kita masing-masing, sedikit banyaknya keinginan untuk kembali seperti dahulu pasti sempat terdetak. Namun karena sudah terlanjur melangkah terlalu jauh, dinamika terlanjur menjadi benang kusut, hingga tidak jarang akhirnya detakan hati kecil itu kita abaikan dan egoisme-lah yang menjadi pemenang!

Saudaraku, sehimpun secita.
Semua kita barangkali sepakat, dinamika tersebut terjadi adalah demi bendera tercinta, bendera yang menjadi kebanggaan kita bersama, Himpunan Mahasiswa Islam.

Saudaraku, sehimpun secita.
Mari merenung sejenak, mari kita ingat masa-masa saat kita LK I, mari kita ingat saat-saat kita diajarkan tentang arti sebuah kebersamaan, mari kita resapi kekhilafan yang telah kita lakukan atas nama sang hijau hitam, mari kita tanya diri kita seberapa besar ke-egoan kita, mari kita niatkan dalam hati hati kecil kita untuk tidak mengulangi kondisi itu kembali.

Saudaraku, sehimpun secita.
Alangkah berdosanya kita kalau harus terjerumus kembali kedalam dinamika panjang itu, alangkah berdosanya kita yang sering mendengungkan di HMI lebih dari saudara kalau harus kembali kepada dinamika panjang itu.

Saudaraku, sehimpun secita.
Mari berbenah, mari memperbaiki, mari melangkah, mari kembali menyatukan kekuatan, masih banyak hal yang jauh lebih penting untuk kita lakukan daripada harus berdinamika.

Saudaraku, sehimpun secita yang berbahagia.
Pada tanggal 03 November 2018, HMI Cabang Labuhanbatu Raya telah kembali melebur dalam satu Visi dan Misi pada kepengurusan periodesasi 2018-2019. Terlepas bagaimanya proses hingga peleburan itu terjadi, namun prosesi hikmat tersebut haruslah diakui akan kebenarannya. Peleburan yang diikat dengan sumpah suci dalam prosesi Pelantikan Pengurus yang berasal dari seluruh keterwakilan Komisariat se-kawasan yang digelar di gedung PKK Kabupaten Labuhanbatu. Tempat dimana awal terjadinya dinamika panjang dahulu.

Saudaraku, sehimpun secita yang berbahagia.
Mari menatap kedepan, kita jadikan kisah kelam dinamika panjang tersebut sebagai I’tibar untuk kita memperbaiki diri agar lebih baik lagi. Yang lalu biarlah berlalu, lupakan semua percekcokan yang dahulu mungkin sempat terkuak, lupakan semua pertikaian yang dahulu mungkin sempat terjadi.

Saudaraku, sehimpun secita yang berbahagia.
Mari berbenah, tidak ada kata terlambat, mari saling membuka hati untuk bisa memaafkan, biarlah kejadian kelam tersebut menjadi pembelajaran kedepan nantinya, pembelajaran yang dapat menjadi ilmu untuk generasi berikutnya bahwa tidak ada gunanya suatu perpecahan.

Saudaraku, sehimpun secita yang berbahagia.
Bukan maksud hati untuk menggurui, bukan maksud hati untuk menyakiti, bukan maksud hati untuk melukai, bukan maksud hati untuk membenci.

Tak ada gading yang tetak, tak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan. Demikan halnya dengan penulis, penulis hanyalah manusia biasa yang tak terlepas dari hal tersebut.

Walau tangan tak saling berjabat, walau mata tak saling menatap, barangkali dalam tulisan ini terdapat hati yang terlukai oleh penulis, diatas segala kekurangan penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirnya, semoga apa yang kita harapkan senantiasa berada dalam Ke-Ridhoan Allah SWT.

Yakinkan Dengan Iman, Usahakan Dengan Ilmu, Sampaikan Dengan Amal.
Bahagia HMI, Jayalah KOHATI,
Yakin Usaha Sampai.
Wassalam.

No comments:
Write comments