Monday 26 November 2018

Tapak Tilas Sejarah Al Washliyah

Al Jam'iyatul Washliyah (الجمعيةالوصليه ) adalah salah satu organisasi Islam di Indonesia. Kata Al jam'iyatul Washliyah berasal dari Bahasa Arab Yang artinya Perkumpulan atau perhimpunan yang menghubungkan, baik yang menghubungkan Manusia dengan Allah (hablun minallah) dan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia (hablun minannas).
Tujuan utama berdirinya organisasi Al Washliyah ketika itu adalah sebagai sarana pemersatu umat yang berpecah belah dan berbeda pandangan. Perselisihan tersebut merupakan bagian dari strategi Belanda untuk terus berkuasa di bumi Indonesia, kemudian Organisasi Al Washliyah menggalang persatuan ummat untuk melawan penjajahan belanda di muka bumi indonesia, hingga diraihnya kemerdekaan.
Penjajah Belanda yang menguasai bumi Indonesia terus berupaya agar bangsa Indonesia tidak bersatu, sehingga mereka terus mengadu domba rakyat. Segala cara dilakukan penjajah agar rakyat berpecah belah. Karena bila rakyat Indonesia bersatu maka dikhawatirkan bisa melawan pejajah Belanda. Upaya memecah belah rakyat terus merasuk hingga ke sendi-sendi agama Islam. 
Umat Islam kala itu dapat dipecah belah karena disibukkan dengan perbedaan pandangan dalam hal fur’iah. Kondisi ini terus meruncing, hingga umat Islam terbagi menjadi dua kelompok yang disebut dengan kaum tua dan kaum muda. Perbedaan paham di bidang agama ini semakin hari kian tajam dan sampai pada tingkat meresahkan.
Dengan terjadinya perselisihan di kalangan umat Islam di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan, pelajar yang menimba ilmu di Maktab Islamiyah Tapanuli Medan, berupaya untuk mempersatukan kembali umat yang terpecah belah itu. Upaya untuk mempersatukan umat Islam terus dilakukan hingga akhirnya terbentuklah organisasi Al Jam’iyatul Washliyah pada tanggal 30 November 1930 atau 9 Rajab 1349 Hijriah di Maktap Islamiyah Tapanuli Selatan, Medan. Adapun Tokoh pendiri Al Alwashliyah yakni Ismail Banda, Abdurrahman Syihab, Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Adnan Nur Lubis, Syamsudin, Yusuf Ahmad Lubis.

#Dikutip Dari Berbagai Sumber

1 comment:
Write comments
  1. BONUS EXTRA 200% SLOT
    Nikmati promo menarik dari Winning303 dengan permainan slot terbaiknya. Bonus deposit 200% langsung diberikan di awal permainan anda.

    Promo berlaku untuk 4 provider slot terbaik Winning303
    -SpadeGaming
    -TTG Slot
    -Pragmatic Play
    - Habanero

    Minimal deposit 50rb untuk mengikuti promo 200% slot..

    Rasakan sensasi bermain slot dengan RTP paling tinggi saat ini...
    Dapatkan juga GRAND JACKPOT dari permainan slot yang kami berikan...*

    Ayo segera dapatkan akun untuk bermain sekarang juga..
    Terima Daftar Dengan Akun OVO, DANA, LINKAJA, JENIUS, GOPAY

    WA : +6287785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete