Sunday 25 November 2018

Tapak Tilas Sejarah Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa



25 November, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hari Guru Se-Indonesia ini dirayakan sebagai bentuk penghargaan atas jasa para guru, yang di anggap sebagai sang pahlawan tanpa tanda jasa. 

Mengapa tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru? Mengutip berbagai sumber, tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. 
Berbeda dengan perayaan Hari Guru di negara lainnya, Hari Guru Nasional di Indonesia bukanlah menjadi hari libur nasional. Biasanya, sekolah-sekolah merayakan Hari Guru dan Hari PGRI dengan upacara.Tidak hanya itu, pemberian tanda jasa kepada guru juga diberikan.
Perayaan pengabdian dan jasa para guru diperingati bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI. PGRI sendiri terbentuk pada 25 November 1945 oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang. Namun sebelum akhirnya menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). 
PGHB ini didirikan pada 1912, dengan beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai kepada perangkat sekolah lainnya. Seiring berjalannya waktu, keanggotaan mereka semakin lama semakin berkembang dan makin menasional. Mereka pun memutuskan untuk mengubah nama PGHB menjadi persatuan Guru Indonesia (PGI). Nama ini tak ayal membuat pemerintah Belanda kaget, sebab ada nama Indonesia di dalamnya. Bagi pemerintah Belanda hal ini dianggap sebagai sebuah ancaman untuk pemerintahan mereka. 
Perubahan nama ini dilakukan pada tahun 1932. Perjuangan untuk memerdekakan Indonesia pelan-pelan akhirnya makin kuat bersama para guru, satu per satu jalan semakin terbuka. Namun memasuki penjajahan Jepang, PGI tidak lagi melakukan aktivitas dan organisasi pun dilarang.

Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, membuat PGI menggelar Kongres Guru Indonesia untuk yang pertama kalinya pada 24-25 November 1946 di Surakarta, Jawa Tengah. 

Salah satu hasil Kongres itu adalah untuk menghapuskan perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya untuk bergabung menjadi satu Indonesia. Pada 25 November 1945, mereka mensahkan terbentuknya PGRI. Sebagai salah satu bentuk penghormatan pada para guru, pemerintah pun menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional. 

#Berbagai Sumber

1 comment:
Write comments
  1. BONUS EXTRA 200% SLOT
    Nikmati promo menarik dari Winning303 dengan permainan slot terbaiknya. Bonus deposit 200% langsung diberikan di awal permainan anda.

    Promo berlaku untuk 4 provider slot terbaik Winning303
    -SpadeGaming
    -TTG Slot
    -Pragmatic Play
    - Habanero

    Minimal deposit 50rb untuk mengikuti promo 200% slot..

    Rasakan sensasi bermain slot dengan RTP paling tinggi saat ini...
    Dapatkan juga GRAND JACKPOT dari permainan slot yang kami berikan...*

    Ayo segera dapatkan akun untuk bermain sekarang juga..
    Terima Daftar Dengan Akun OVO, DANA, LINKAJA, JENIUS, GOPAY

    WA : +6287785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete