Saturday 20 May 2017

Hari Kebangkitan Nasional



Boedi Oetomo adalah organisasi yang dibentuk atas inisiatif kalangan terdidik. Mereka antara lain Soetomo dan sejumlah mahasiswa STOVIA seperti Soeradji, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soewarno, Goembreg, Mohammad Saleh, dan Soelaeman. Stovia merupakan cikal bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Boedi Oetomo tersebut didirika Pada 20 Mei 1908.
Pada awalnya, organisasi itu bergerak di bidang kebudayaaan, sosial, dan ekonomi. Namun sering berjalannya waktu, Boedi Oetomo mempunyai peran dalam memerdekakan Indonesia. Boedi Oetomo adalah pelopor dari perjuangan kemerdekaan bangsa tanpa menggunakan senjata namun mampu memberikan pendidikan kepada masyarakat Indonesia.
Lantas, bagaimanakah relevansi Hari Kebangkitan Nasional dengan kondisi Indonesia saat ini ?, Masih adakah kebanggaan dalam diri anak bangsa terhadap Indonesia, saat Isu Ke-Bhinnekaan Menjadi salah satu Dilema bangsa pasca kejadian belakangan ini ?, Masih adakah semangat Nasionalisme dalam diri anak bangsa  yang mengakar seperti para pejuang dahulu ?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentulah akan menjadi penting untuk di renungkan, saat Pemimpin Bangsa ini memang ingin membawa Negara ini ke arah yang baik. Menanamkan semangat Nasionalisme dalam diri anak bangsa tentulah tidak mudah, kalau Negara ini dalam keadaan semrawut. Namun meskipun demian, semoga saja Melalui Hari kebangkitan Nasional kali ini, semua itu dapat membaik.
Selamat HARKITNAS
   

No comments:
Write comments